Pengumuman

Untuk Mahasiswa Komputer Akuntansi Dan Manajemen Informatika yang mengambil mata kuliah Pemrograman Teks I, Untuk Melihat Nilai Kuis silahkan Perhatikan Kolom Labels, Disana Ada Menu Pemrograman Teks I, anda Klik- Maka Nanti akan tampil daftar nilai masing-masing Kelas si samping kirinya.untuk melihat lebih jelas silahkan di klik file tersebut.begitupun dengan tugas.
isan sandra fauji

Jumat, September 19, 2008

4 Solusi Kota Bandung Tercinta

Assalammuallaikum wr.wb
Sebelumnya saya berterima kasih atas kesempatannya, dan saya mohon maaf apabila dalam penyampaian saran saya nanti ada kata-kata yang kurang pantas saya mohon maaf, Semoga saran dari saya bisa bermanfaat bagi pak dada khususnya umumnya bagi masyarakat kota bandung dan demi kemajuan bandung tercinta ini dengan sosok pemimpin yang saat ini benar-benar memberikan kesempatan kepada masyarakatnya semoga segala apa yang bapak dada targetkan dapat tercapai dengan baik.
Dari beberapa hal yang telah saya pelajari sebelumnya saya mendapatkan bebearapa jalan keluar/saran yang mungkin dapat bermanfaat untuk kelangsungan dan pertumbuhan perekonomian kota Bandung. Setelah saya meneliti ternyata ada beberapa hal yang mesti di benahi oleh pemda kota bandung guna untuk kelancaran pertumbuhan ekonomi kota bandung yang sekarang di targetkan naik 11%.
Dari beberapa segi tersebut diantaranya yaitu:
§ Tranportasi
§ Pariwisata
§ Pasar
§ Industri dan lapangan kerja
Untuk lebih jelasnya lagi sebelumnya mari kita lihat fakta yang sekarang terjadi di kota Bandung.
Permasalahan kota bandung
Semakin lama masalah transportasi di kota Bandung tampaknya semakin parah. Jumlah kendaraan semakin bertambah, sementara lebar jalan tidak mampu mengatasi pertambahan jumlah kendaraan yang demikian cepat. Kemacetan terutama terjadi pada jam-jam sibuk (rus’u'h hours) pada pagi ketika orang memulai aktivitas dan pergi ke sekolah, kantor, pasar, dsb. Repotnya, pada jam ini beberapa pasar tumpah yang beroperasi sejak tengah malam masih menyisakan kesibukan yang memakan sebagian (seperempat) badan jalan, misal di pasar Suci dekat Pusdai. Ada pedagang, ada pembeli yang tawar-menawar dengan pedagang, ada tukang becak, tukang ojek, angkot yang sembarangan berhenti dan “ngetem”. Dibeberapa tempat seperti Dayeuh Kolot, atau daerah Gunung Batu, delman juga ikutan “ngetem”. Rasanya bagus nih kalau ada mahasiswa FSRD yang mengambar kesibukan pagi hari di pasar tumpah Bandung yang riuh rendah.
Pada hari libur, ternyata lalu lintas tidak jadi lengang, malah dalam beberapa kasus dan pada beberapa ruas jalan seperti dago, cihampelas, kopo, sukajadi, pasar baru, dalem kaum… mana lagi ya…. macet parah. Di dago tumbuh menjamur factory outlets, di Cihampelas pusat per-jeans-an, sukajadi ada Paris van Java, pasar baru jelas ada pasar baru (walaupun sudah lama tetap saja baru, ini kayak kacang panjang yang walaupun sudah dipotong-potong kecil, tetap saja disebut kacang panjang). Tumbuhnya berbagai pusat perbelanjaan (supermarket, mall) di tempat-tempat strategis bikin riuh rendah suasana
Sumber http://taufikurahman.wordpress.com
Dilihat dari segi lalu lintas kota bandung ternyata banyak sekali hambatan dan permasalahan yan terjadi di kota bandung, kemacetan jalan bisa menyebabkan beberapa pendukung sektor ekonomi terganggu.itu dalam sisi tranfortasi dan dalam sisi pasar ternyata pasar di kota bandung masih belum tertib masih memerlukan pembenahan dan perbaikan dari mulai sistem maupun peraturan yang ketat untuk memperbaiki semuanya marilah kita bahas dalam permasalahan dan solusi/saran yang saya tawarkan di bawah ini.
Marilah kita bahas satu persatu
Ø Jalur tranfortasi
Di lihat dari permasalahan di atas tadi, sistem lalu lintas kota bandung masih belum mendekati baik dan teratur yang menyebabkan terjadinya gangguan untuk sektor lainnya diantaranya Ekonomi.
Solusinya:
Bandung memerlukan alat tranfortasi massal yang bagus yang bisa di nikmati semua kalangan baik itu , pekerja, pelajar dan lain-lain seperti misalnya Membuat busway dengan meniru Jakarta jelas tidak mungkin bagi Bandung, karena ruas jalan yang ada saat ini terlampau sempit, kecuali mungkin untuk daerah-daerah tertentu seperti Soekarno Hatta dan Sudirman yang mungkin sekarang sudah di bangun proyek serupa. Tetapi untuk di tempat yang lainya masih mengambang dan butuh perbaikan sistem. Solusi sarana transportasi yang reasonable untuk kota Bandung, yang tidak makan tempat atau ruas jalan banyak mungkin monorail tapi hal ini mungkin memerlukan waktu pembangunan yang cukup lama dan kurang efektif ada solusi kedua .
dilihat dari angkotan umum kota ,Terlalu banyak angkot yang suka-suka berhenti dan jalan lagi jelas memberikan masalah tambahan bagi transportasi Bandung. Apalagi tidak ada lokasi khusus untuk pemberhentian angkot tersebut.
Alangkah sebaiknya di setiap jalur angkot ada armada-armada yang mendukunngnya dan disana ada petugas yang mengatur datang dan perginya angkot,Apabila itu terlalu berlebihan setidaknya ada tempat dimana angkot dan kendaraan-kendaraan umum lainnya(seperti ojek, becak, delman dll) harus ngetem dan berhenti untuk menaikan dan menurunkan penumpang .jika saja semua kendaraan umum di kota bandung ditata dan diatur dengan baik maka aktivitas-aktivitas lainnya seperti ekonomi tidak terhambat lagi dan keindahan serta ketertiban kota bandung akan semakin terlihat teratur dan hal itu juga akan meningkatkan perekonomian kota bandung dan salah satu faktor yang bisa di perhatikan lebih utama sebelum memikirkan hal yang lebih komopleks lainnya
Ada juga saran ketiga yaitu membuat jalur-jalur khusus untuk satu jenis kendaraan saja misal jalur pejalan kaki, jalur angkot, jalur ojek, jalur delman dll.hal ini akan menciptakan keteraturan yang bisa dengan mudah mengontrol parapelanggar.
Nah apabila keadaan jalur tranfortasi kota bandung tertata dengan baik maka kelancaran aktivitas kota Bandungpun tidak terganggu sehingga faktor-faktor yang dapat meningkatkan sektor ekonomi kota Bandung pun tidak akan terhambat lagi dengan keadaan jalan yang macet sebelumnya.Untuk yang kedua setelah semua permasalahan yang terjadi di jalur tranportasi sudah teratasi maka masalah terpenting kedua sebagai salah satu penggerak perekonomian kota bandung yaitu pasar, Dan yang sering menyumbangkan permasalahan yaitu pasar tradisional maka saya akan membahas pasar tradisional
Ø Pasar Tradisional
Dilihat dari permasalahan di atas pasar ternyata tidak hanya menyumbang kemajuan ekonomi ternyata pasar di kota bandung juga menghambat perekonomian lainya yaitu salah satunya tranportasi, untuk meperbaikinya tidaklah sulit apabila keadaan pasar-pasar tradisional atau pasar kaget ditata dengan baik dan benar akan lebih menguntungkan lagi meskipun di bilang pasar tradisional yang dalam benat kita sudah akrab dengan harga-harganya yang relatip murah dan bisa di tawar tetapi juga selalu terkenal dengan kekotoran,becek dan ketidak teraturan para penjualnya yang menyebabkanpermasalahan timbul.
Untuk memperbaikinya alangkah sebaiknya keadaan pasar-pasar tradisional yang ada di kota bandung ditata kembali letak-letak pedagangnya keadaan kios-kiosnya di perhatikan dan lebih diatur lagi dengan adanya peraturan-peraturan yang bisa mambuat pasar tradisional berjalan dengan baik dan semestinya, Serta di sediakannya tempat bagi pedagang kaki liman supaya tidak bertumpah ruah yang akan menyebabkan ketidak nyamanan aktivitas jual beli dan menggangu sistem lainnya, karena dalam hal ini para pedagang kaki lima ikut berperan penting dalam memperbaiki dan meningkatkan perekonomian daerah.disamping itu , Kebersihan pasar pun di jaga dengan disediakannya tempat-tempat sampah dan dalam sektor keamanan dari pungutan liar, copet dll, di pasar inipun harus terdapat pos keamanannya yang setiap waktu mengontrol dan menjaga agar aktivitas pasar tradisional tetap berjalan dengan baik.
Dengan baiknya segala aspek yang terdapat di pasar tradisional maka dimungkinkan di sektor pasar ini, apabila di lihat dari kota bandung yang memang banyak terdapat pasar-pasar tradisional, pasar kaget dan pedagang-pedagang kaki lima yang dapat mendukung perubahan ekonomi kota bandung lebih baik lagi untuk kedepannya.
Sektor yang ketiga yang tidak kalah pentingnya yaitu:
Ø Pariwisata
Di lihat dari beberapa potensi pariwisata di kota bandung, Ternyata kota bandung mempunyai potensi yang sangat baik dilihat dari banyaknya potensi yang bisa di jadikan sebagai objek wisata di kota bandung misal untuk objek wisata alam seperti gunung tangkuban perahu,lembang dll, Dari kuliner yang sudah tidak asing lagi dengan makanan kota bandung yang beraekaragam dan enak,dari segi passion dll.
Sebenarnya apabila di manfaatkan bisa menjadi sektor terbesar penyumbang pergerakan perekonomian kota Bandung.
Saran :Alangkah sebaiknya faktor-faktor wisata alam yang berpotensi itu dimanfaatkan lebih baik lagi dengan di lengkapi segala fasilitas-fasilitas, Sarana dan prasarananya, Dan keamananya guna menarik para wisatawan.
Untuk kulinernya, Alangkah sebaiknya apabila pemerintah daerah kota bandung membuat sebuah kota/tempat pusat kuliner kota bandung. Ya seperti pusat film di amerika yaitu hollywood .Nantinmya di sana terdapat kuliner-kuliner yang ada di kota bandung sehingga untuk para wisatawan yang penasaran dengan kuliner kota bandung bisa langsung tertuju kepada tempat itu, yang disana juga di perdagangkan oleh-oleh dan jajanan-jajanan khas kota bandung, yang bisa di kelola oleh pemdanya sendiri atau pemda hanya sebagai penyedia tempat, dan sebaiknya tempatnya tersebut dekat dengan potensi-potensi wisata lainya seperti dekat objek wisata yang terkenal di kota bandung.
Guna untuk mengenalkan kenesian Jawa Barat, kota bandung mempunyai kewajiban untuk mengenalkan dan melestarikannya sebagai ibu kota Jawa Barat. Di sini alangkah sebaiknya diadakan pagelalaran seni sunda yang di khususkan untuk pengenalan budaya sunda kepada para wisatawan yang diselenggarakan secara terjadwal guna mempermudah parawisatawan mengetahui kapan mereka bisa datang dan menikmati acara tersebut.
Ketika semua aspek pariwisata tersebut bisa berjalan maka peningkatan wisatawan yang datang kekota Bandung bisa di banyangkan peningkatannya, serta yang tidak harus di lupakan pengenalan dan promosinya pun harus di galakan guna mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai yang diinginkan.
Ø Industri
ü Dalam sektor industri, kota bandung bisa menyediakan zona bebas pajak yang mungkin bisa menarik hati para pengusaha untuk mendirikan usaha di kota bandung.
ü Serta bisa memberikan pinjaman modal kepada masyarakat yang mempunyai keinginan dan kemampuan dalam usaha tetapi tidak mempunyai modal.
ü Dan bekerjasama dengan kota-kota lainnya.yang berpotensi dan yang dianggap mampu membantu mengembangkan perekonomian kota bandung dan mempermuda pemasaran hasil produksi dalam kota..
Dari tiga hal diatas bisa menjadi alternatif baru guna menciptakan lapangan kerja yang baru untuk mengurangi tingkat penganguran yang saat ini banyak di kota bandung serta mewujudkan target awal yaitu laju ekonomi 11% kota bandung.
Apabila semua faktor diatas dapat dimanfaatkan secara baik dan dikelola serta dilaksanakan maka perbaikan dan peningkatan target laju ekonomi di masa depan untuk kota bandung bisa tercapai bahkan bisa melebihi dari target yang di rencanakan sebelumnya.
Mungkin hanya itu yang baru bisa saya sampaikan semoga bisa bermanfaat bagi kota bandung dan masyarakat kota bandung. Wasalammuallaikum wr wb.

Tidak ada komentar: